Jurnal212.com, New York – Kebakaran terjadi di sebuah gedung apartemen di Bronx, New York, Amerika Serikat, Jumat (29/12/2017), penyebab kebakaran adalah api yang berasal dari kompor milik salah seorang penghuni lantai satu.

Seperti yang diutarakan komisaris pemadam kebakaran, Daniel Nigro, api yang menyebabkan kebakaran sehingga mengakibatkan tewasnya 12 orang itu akibat ulah seorang anak laki-laki yang menyalakan kompor.

“Kami menemukan sumber kebakaran berasal dari kompor di dapur di lantai satu,” kata komisaris pemadam kebakaran dilansir AFP, Sabtu (30/12/2017).

“Seorang anak berusia tiga setengah tahun menyalakan kompor tanpa sepengetahuan ibunya, yang baru menyadari setelah seorang pemuda berteriak,” tambah Nigro.

Sedangkan Ibu bersama dua anaknya itu berhasil menyelamatkan diri.

Tapi pintu apartemen yang ditinggalkan terbuka membuat api keluar ruangan dengan cepat.

Api menjalar ke tangga yang merubahnya menjadi seperti cerobong asap dan merembet ke atas dengan cepat hingga akhirnya menyebar ke seluruh gedung.

“Tangga berubah menjadi seperti cerobong asap yang membawa api dengan cepat naik ke lantai atas. Hanya memberi sedikit waktu untuk orang-orang menyelamatkan diri,” kata Nigro.

Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi hanya berselang tiga menit setelah alarm kebakaran menyala. Namun ternyata tetap sudah terlalu terlambat.

Lima korban tewas ditemukan di lokasi kebakaran, sementara tujuh lainnya dinyatakan meninggal setelah sempat mendapat perawatan di rumah sakit.

Kebakaran itu disebut menjadi yang terparah di New York dalam 25 tahun terakhir.

Wali Kota Bill de Blasio turut menyampaikan duka mendalam atas tragedi tersebut. Dia juga mengingatkan agar orangtua dapat lebih waspada dengan anak-anak saat berada di dekat api. (py)

Baca juga:  Kronolgi Penyebab Kebakaran Pasar Kedungpring Lamongan

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.