JurnalGlobal, Kab. Bogor – Menikmati hari tua dengan nyaman dan tenang itu sebagian impian seseorang. ditambah lagi, disediakan sebuah tempat dengan fasilitas yang lengkap agar dapat menunjang pola fikir di hari tua agar dapat beraktifitas sesuai keinginan.

Banyaknya panti jompo yang menampung para lansia dengan fasilitas seadanya, sungguh berbanding terbalik dengan suasana panti jompo RUKUN Senior Living bak resort berbintang langsung terasa begitu memasuki gerbangnya. Sebuah bangunan elegan dan modern yang berdiri sejak tujuh tahun silam ini adalah gambaran bahwa menghormati dan melayani para lansia bagaikan hidup yang mulia, masih jarang kita melihat anak muda dengan pengabdian yang tulus kepada orang tua di zaman serba modern saat ini.

Herman Kwik pemilik RUKUN Senior Living mengatakan, pelayanan dan perawatan lansia ini dilakukan oleh generasi pemuda yang kami didik. Dengan suasana seperti itu, rasanya lebih tepat disebut resor lansia ketimbang panti jompo. katanya kepada pimpinan redaksi JurnalGlobal.com. Rabu (31/01/2018)

Di RUKUN Senior Living terdapat 60 kamar yang terbagi atas tiga tipe: ideal suite, deluxe dan supreme. Bisa disewa harian hingga seumur hidup. Harga per kamar mulai dari Rp 700 ribu per malam untuk pasangan suami-istri yang tinggal menginap. Ada pula model harga bagi anggota yang tidak menginap yang disebut member dengan harga Rp 2,5 juta per bulan. “Yang menetap itu yang kami sebut warga RUKUN Senior Living. Ada juga yang datang pagi dan pulang sore yang bisa kami jemput atau diantar oleh sopirnya, ini yang kami sebut member,” ujar Herman.

Biaya sewa mencakup pelayanan yang lengkap dari jasa binatu, perawatan kamar, makan dan minum, berbagai aktivitas harian sampai petugas pengasuh pribadi alias caregiver.

Herman menjelaskan, RUKUN Senior Living terbagi menjadi tiga. Pertama, RUKUN Senior Club yang berlokasi di Sentul dan Gadog, untuk lansia yang kondisinya masih aktif. Kedua, RUKUN Senior Resort, untuk lansia yang menetap atau hanya datang sesekali untuk menginap bersama keluarga. Ketiga, RUKUN Senior Care, untuk warga lansia yang butuh perlakuan khusus, misalnya mengalami demensia atau stroke, sehingga tidak bisa lagi memenuhi kebutuhan dasarnya seperti makan dan mandi, sehingga membutuhkan bantuan khusus. “Kami menyediakan fasilitas terapi seperti terapi bicara dan fisioterapi bagi warga yang terkena stroke. Kami juga mengadakan pemeriksaan tanda-tanda vital seperti tensi darah dan denyut nadi. Kalau sudah tanda-tandanya menurun, kami segera bawa mereka ke rumah sakit swasta yang cukup bagus di dekat sini, kami sudah bekerja sama juga dengan mereka,” tuturnya. Meski demikian, RSL tidak menerima lansia yang kondisinya setiap hari harus dipantau dokter karena, menurutnya, lebih sesuai jika dirawat tenaga medis khusus. (Toha)

RUKUN Senior Living, Mendapat Banyak Apresiasi Membayangkan panti jompo

Alamat:

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here