oleh

Urai Kemacetan, Pemkot Depok Berencana Membangun Transportasi Publik Berbasis Rel

-Berita-70 views

Jurnalglobal, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berencana membangun transportasi umum baru ke Kotanya, yaitu transportasi berbasis rel. Perencanaan ini digagas dengan bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan. Saat dikonfirmasi transportasi ini berguna untuk salah satunya mengurai kemacetan di Kota Depok.

Diketahui, dalam studi kelayakan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, ke depannya akan dibangun 4 jalur koridor transportasi berbasis rel yang nantinya akan terhubung dengan moda transportasi lainnya. Wali Kota Depok, Mohammad Idris kepada wartawan, Jumat (24/1). “Hari ini kami berdiskusi, meminta arahan dari Kemenhub terkait rencana pembenahan transportasi di Kota Depok, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Saya juga meminta dikawal terkait bagaimana regulasi ke depannya” kata Walkot.

“Dalam studi kelayakan transportasi rel yang disusun oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, ke depannya akan dibangun 4 jalur koridor yang nantinya terhubung dengan moda transportasi lainnya,” ucapnya.

Keempat koridor tersebut, lanjutnya, yaitu koridor 1 sepanjang 10,8 KM yang dimulai dari Transit Oriented Development (TOD) Pondok Cina sampai Stasiun LRT Cibubur, koridor 2 sepanjang 16,7 KM dari TOD Depok Baru sampai Cinere dan diharapkan dapat terkoneksi dengan stasiun MRT Lebak Bulus.

“Saya berharap ini bisa ditetapkan menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) serta direalisasikan, selain itu saya pun berharap Kementerian Perhubungan dapat melakukan pendampingan,” tulis Wali Kota Depok, Mohammad Idris dalam keterangan resminya.

Mohammad Idris menambahkan, gagasan, usulan produktif, dan saran-saran disampaikan secara dialogis antara Pemkot Depok dengan pihak Kemenhub dan stakeholders-nya. Dengan demikian, diharapkan bisa menghasilkan sebuah solusi dalam menyelesaikan persoalan kemacetan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed