oleh

Sah! DPR dan Kemendagri Memutuskan Pilkada Tetap Dilaksanakan

-Berita, Politik-59 dilihat

Jurnalglobal.com – Tarik ulur keputusan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 akhirnya telah diputuskan DPR serta kemendagri sepakat bahwa Pilkada 2020 tetap dilaksanakan pada 9 Desember mendatang. Keputusan tersebut telah disepakati bersama antara Komisi II DPR RI, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dalam hasil Rapat Dengar Pendapat secara daring.

Dalam Rapat Dengar tersebut terdapat permintaan Komisi II DPR agar kelompok kerja yang telah dibentuk bersama antara Bawaslu, KPU, DKPP, Kemendagri, TNI, Satuan Tugas COVID-19, Kejaksaan RI dan Kepolisian RI diintensifkan, terutama dalam tahapan proses yang berpotensi terjadinya pelanggaran.

Seperti dalam tahapan penetapan pasangan calon, penyelesaian sengketa calon, pengundian nomor urut, kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, dan tahapan penyelesaian sengketa hasil.

“Melalui Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Komisi II DPR, Mendagri, KPU RI, Bawaslu RI dan DKPP RI bersepakat untuk meminta penjelasan secara rinci, terukur dan berkelanjutan kepada Satgas Penanganan COVID-19 tentang status zona dan risiko COVID-19 pada setiap daerah yang menyelenggarakan Pilkada untuk mengantisipasi munculnya klaster baru COVID-19,” kata Saan.

Baca juga:  Viral! Geng Motor Acungkan Senjata Tajam

Komentar

Kotak Berita