oleh

Webinar Nasional Galeri Investasi FE Unesa: Investasi Bagi Milenial di Masa Pandemi

-Berita-59 dilihat

Foto : Tangkapan layar webinar nasional Galeri Investasi FE Unesa

SURABAYA – Jurnalglobal.Com. Galeri Investasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya (FE Unesa) dan Capital Market Community (CMC) didukung oleh mitra dari PT Sucor Sekuritas menggelar Webinar Nasional dengan tema “Take Control Your Future with Investment Profit”.

Kegiatan webinar nasional ini dilaksanakan dalam rangka ulang tahun Galeri Investasi FE Unesa ke-5 digelar secara daring melalui platform zoom. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Ekonomi, Anang Kistyanto.

Dalam sambutannya, Anang menyebutkan, Galeri Investasi hendaknya dapat berperan selain memberikan edukasi (teori) mengenai investasi, juga mengajarkan praktik investasi yang benar kepada masyarakat.

Ketua Pelaksana Webinar, Indra mengatakan bahwa, webinar ini diikuti sekitar 1300an peserta dari mahasiswa dan masyarakat umum.

Sementara itu, Ketua CMC, Novendra menegaskan bahwa, investasi harus dilakukan sejak dini walaupun masih berstatus mahasiswa.

“Kaum milenial saat ini ada yang masih berkuliah ataupun sudah bekerja. Mereka hendaknya sejak dini sudah harus mulai memikirkan kesejahteraan finansialnya di masa datang, melalui investasi,” ujar Direktur Galeri Investasi, R. A. Sista Paramita. Sabtu, (10/10/2020).

Seminar yang dimoderatori oleh Muhammad Agus dari CMC, menghadirkan tiga pembicara yakni Ellen May (Founder EM Trade dan Ellen Maya Institute), Bernadus Wijaya (Director of Equity & Business Development PT Sucor Sekuritas) dan Frisca Devi (Founder Investor Saham Pemula (ISP) Surabaya.

Fokus bahasan pada Webinar Nasional ini tentang investasi bagi milenial, dengan konteks pandemi yang berdampak besar pada keadaan ekonomi global.

Terkait hal tersebut, Frisca Devi menceritakan pengalamannya bertransaksi saham mulai awal saat masih menjadi seorang Mahasiswi yang berkenalan dengan saham sampai dengan aktif bertransaksi saham baik di bursa lokal dan Luar Negeri.

Baca juga:  SOSIALISASI PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DAN PENGENDALIAN COVID-19 Di Kab.Lamongan

“Investasi perlu dilakukan, tujuannya untuk melindungi nilai uang akibat inflasi serta peluang bahwa Indonesia ini masih memiliki prospek di bidang investasi,” tegas Frisca.

Narasumber kedua, Bernard Wijaya memberikan tips bahwa, “Jika anda ingin berinvestasi, maka perlu rumus 3M+1D = C untuk berinvestasi.

C adalah Cuan. Untuk menghasilkan Cuan, maka perlu 3 M (Mindset, Methode, dan Money management) didukung dengan 1D (Disiplin). Setelah itu, untuk memilih saham yang akan diinvestasikan maka investor perlu melakukan analisis fundamental,” terang Bernard.

Pada sesi ketiga, Ellen May menunjukkan walaupun saat ini Indonesia masih dalam situasi pandemi, namun pasar saham masih memberikan peluang untuk investasi melalui data-data analisis teknikalnya.

“Saya menyarankan, tanamlah saham-saham yang memiliki prospek ke depan, diantaranya dari sektor telekomunikasi, perbankan, dan konsumer goods,” ungkap Ellen May.

Kegiatan Webinar ini merupakan satu diantara banyak edukasi investasi yang telah dilakukan Galeri Investasi FE Unesa dan Capital Market Community, demi kemajuan Bangsa Indonesia melalui edukasi Pasar Modal. (ari)

Komentar

Kotak Berita